PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM BANJARMASIH KOTA BANJARMASIN

Hendry Risat, Himawan and Basuki, Basuki and Arfie, Yasrie (2015) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM BANJARMASIH KOTA BANJARMASIN. Volume, 1 (2). pp. 11-22.

[img]
Preview
Text
HENDRY Sep 2015 No 2.pdf

Download (569kB) | Preview

Abstract

Seluruh kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan jasa, pada akhirnya akan memperoleh penilaian yang akan diberikan oleh pelanggan mengenai kepuasan yang dirasakan. Perusahaan akan selalu menyadari pentingnya faktor pelanggan, oleh karena itu ada beberapa hal yang mempengaruhi kepuasan pelanggan yaitu produk, kualitas jasa, kegiatan penjualan, pelayanan setelah penjualan, nilai-nilai perusahaan.Hal utama yang perlu diperhatikan oleh perusahaan daerah air minum ini adalah meningkatkan kualitas jasa maupun barang yang lebih baik kepada para pelanggan karena keberadaan pelanggan tersebut sangat menentukan kelangsungan hidup perusahaan. Studi ini diadaptasi dari model SERQUAL sebagai kerangka utama untuk menganalisis kualitas pelayanan. Penelitian ini dilaksanakan pada Perusahaan Daerah Air Minum Bandarmasih Kota Banjarmasin . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin khususnya di Wilayah Kota Banjarmasin Timur yang berjumlah sebanyak 40.000 pelanggan. Dari populasi berjumlah 40.000 orang, maka diambil sampel secara Simple Random Sampling sebanyak 50 orang pelanggan. Sedangkan teknik pengambilan sampel adalah menggunakan accidental sampling,Analisa regresi berganda digunakan untuk menguji pengaruh antara variabel kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua item layanan adalah prediktor yang baik dari kepuasan pelanggan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan, Kepuasan pelanggan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Repository Administrator
Date Deposited: 29 Oct 2018 08:52
Last Modified: 06 Apr 2019 08:01
URI: http://repository.stimi-bjm.ac.id/id/eprint/21

Actions (login required)

View Item View Item