Alfiannor, Alfiannor and Syamsuddinnor, Syamsuddinnor and Tusiana, Dewi (2024) PENGARUH KEPERCAYAAN PASIEN DAN DIGITALISASI LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN UMUM DENGAN KUALITAS PELAYANAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus di RSUD H. Abdul Aziz Marabahan). [Experiment]
![[thumbnail of PENELITIAN 2024 ALFIANNOR.pdf]](http://repository.stimi-bjm.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PENELITIAN 2024 ALFIANNOR.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepercayaan pasien dan digitalisasi layanan terhadap kepuasan pasien umum dengan kualitas pelayanan sebagai
variabel intervening. Studi ini dilakukan di RSUD H. Abdul Aziz Marabahan, yang menghadapi tantangan dalam meningkatkan kepuasan pasien melalui inovasi pelayanan digital dan penguatan kepercayaan pasien. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data yang diperoleh melalui kuesioner dari 88 responden, yaitu pasien umum yang menerima layanan di rumah sakit tersebut. Analisis data dilakukan
menggunakan metode Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) untuk mengevaluasi hubungan langsung dan tidak langsung antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digitalisasi layanan dan kepercayaan pasien berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas pelayanan. Digitalisasi layanan juga berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pasien. Kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap kepuasan pasien, meskipun tidak berpengaruh namun kualitas pelayanan juga juga memberikan dampak terhadap kepuasan pasien. Sebagai variabel intervening walau tidak memperkuat pengaruhnya untuk kepuasan pasien, kualitas pelayanan berperan penting dalam memperkuat hubungan antara kepercayaan pasien dan digitalisasi layanan terhadap kepuasan pasien. Dari hasil penelitian disarankan meningkatkan kepercayaan pasien dan digitalisasi layanan untuk mencapai kepuasan pasien yang lebih tinggi, dengan fokus pada peningkatan kualitas pelayanan sebagai kunci utama. Implikasi praktis dari
penelitian ini dapat menjadi dasar pengembangan strategi pelayanan rumah sakit berbasis digital untuk meningkatkan pengalaman pasien secara keseluruhan.
Item Type: | Experiment |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | Alfiannor Alfiannor |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 14:56 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 14:56 |
URI: | http://repository.stimi-bjm.ac.id/id/eprint/13 |