Search for collections on repostimi

ANALISIS PENGARUH MARKETING MIX DAN CITRA PERGURUAN TINGGI TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA SEKOLAH TINGGI ILMU MANAJEMEN INDONESIA (STIMI) BANJARMASIN

Syamsuddinnor, Syamsuddinnor and Devi, Rusvitawati and Alfiannor, Alfiannor (2020) ANALISIS PENGARUH MARKETING MIX DAN CITRA PERGURUAN TINGGI TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA SEKOLAH TINGGI ILMU MANAJEMEN INDONESIA (STIMI) BANJARMASIN. Other thesis, STIMI Banjarmasin.

[thumbnail of ANALISIS PENGARUH MARKETING  MIX DAN CITRA PERGURUAN TINGGI TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA SEKOLAH TINGGI ILMU MANAJEMEN INDONESIA (STIMI) BANJARMASIN.pdf] Text
ANALISIS PENGARUH MARKETING MIX DAN CITRA PERGURUAN TINGGI TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA SEKOLAH TINGGI ILMU MANAJEMEN INDONESIA (STIMI) BANJARMASIN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris dan menganalisis pengaruh Marketing Mix dan Citra Perguruan Tinggi Terhadap Kepuasan Mahasiswa pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Indonesia (STIMI) Banjarmasin.

Metode Penelitian, sesuai dengan tujuan penelitian yang telah dirumuskan, maka penelitian ini menggunakan pola eksplanasi (level of explanation) yaitu penelitian yang bermaksud menjelaskan kedudukan faktor-faktor yang diteliti serta hubungan antara satu faktor dengan faktor yang lain. (Sugiyono, 2002). Dengan demikian penelitian ini menjelaskan pengaruh Marketing Mix dan Citra Perguruan Tinggi terhadap Kepuasan Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Indonesia (STIMI) Banjarmasin. Sampel penelitian yaitu 148 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dan dianalisis dengan Analisis Regresi Berganda dengan menggunakan alat bantu analisis program SPSS 25.0 for Windows.

Hasil Penelitian variabel Variabel Bebas (independent variable) Kepuasan Mahasiswa (Y) Sedangkan variabel dependen adalah Marketing Mix sebagai variabel (X₁) dengan indikator dalam penelitian ini adalah: Product, Price, Place, Promotion, People, Physical, dan Process. Citra Perguruan Tinggi sebagai variabel (X₂) dengan indikator Reputasi, Tradisi, dan Identitas Perguruan Tinggi. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Mahasiswa (Y) dan variabel Citra Perguruan Tinggi (X₂) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Mahasiswa (Y) pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Indonesia (STIMI) Banjarmasin. Secara simultan Marketing Mix (X₁) dan Citra Perguruan Tinggi (X₂) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Mahasiswa (Y) pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Indonesia (STIMI) Banjarmasin.

Item Type: Thesis/Skripsi (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alfiannor Alfiannor
Date Deposited: 11 Jul 2025 09:30
Last Modified: 11 Jul 2025 09:30
URI: http://repository.stimi-bjm.ac.id/id/eprint/15

Actions (login required)

View Item
View Item